Share
A- A A+

Article from:

Creation  Volume 26Issue 1 Cover

Creation 26(1):56
December 2003

Raksasa laut

oleh: David Catchpoole
penerjemah: James Haryadi Wijaya, June 2009



Seekor cumi-cumi raksasa, baru saja tertangkap di perairan Ross (Ross Sea) di Antarktika.1,2

Belalainya mempunyai kail dan pengisap sebagai senjata untuk menangkap mangsa.

Nelayan secara kebetulan mendapatkan cumi-cumi raksasa ini ketika hendak menarik jaringnya.

Cumi-cumi yang ditemukan ini belum dewasa melainkan masih “remaja” saja. Ukuran panjang badan adalah 2.5 meter, total panjang keseluruhan termasuk belalai (tentacle) adalah 6 meter.

Ada kemungkinan cumi-cumi dewasa jenis ini bisa mencapai ukuran badan 4 meter, dan panjang keseluruhan badan termasuk tentacle mencapai 12 meter.

“Ini adalah mahluk pembunuh yang sangat menakutkan,” kata peneliti dari Selandia Baru. “Saya tidak akan mau berada di air bersama-sama mahluk ini, walaupun masih bayi.”

Apa yang membedakan cumi-cumi raksasa ini dengan cumi-cumi lain adalah bahwa pada cumi-cumi raksasa ini belalainya memiliki kail yang dapat berputar. Dan kail itu dapat mengakibatkan luka yang dalam pada lawannya dengan melihat kondisi seekor ikan paus yang terdampar di pantai Selandia Baru dimana dalam perut ikan paus terdapat potongan daging cumi-cumi raksasa. Pada badan ikan paus ini terdapat bekas luka yang panjang dan dalam dan kemungkinan bahwa ikan paus ini telah bertarung dengan cumi-cumi raksasa.

Kami membutuhkan sukarelawan untuk menterjemahkan artikel-artikel creation.com ke bahasa Indonesia. (Jika anda dapat menterjemahkan satu artikel saja, itu sangat berarti bagi kami.) Mohon hubungi bagian penterjemah.

Sebuah artikel di New Scientist berkata: “Dulu mahluk ini dianggap sebagai cerita donging pelaut tetapi sekarang peneliti-peneliti telah yakin bahwa cumi-cumi raksasa ini adalah nyata.”

Pengalaman pelaut-pelaut masa lalu mengenai monster laut berbelalai raksasa bertarung dengan ikan paus nampaknya sekarang menunjukkan kenyataan. Mungkinkah dongeng monster laut raksasa serupa ini adalah warisan dari penampakan actual mahluk laut dalam yang mengerikan sebagimana digambarkan dalam Ayub 41?

Keterangan

  1. New Scientist, 12 April 2003, p. 18; 2 August 2003, pp. 24–29.
  2. Discovery Channel News, <dsc.discovery.com/news/briefs/20030331/squid.html>, 27 August 2003.

Give $5 for 5. Although this article may have only taken 5 minutes to read, it could have taken over 5 hours to write. Consider a $5 donation to support our ministry efforts. Support this site

Copied to clipboard
6842
Product added to cart.
Click store to checkout.
In your shopping cart

Remove All Products in Cart
Go to store and Checkout
Go to store
Total price does not include shipping costs. Prices subject to change in accordance with your country’s store.