Explore
New documentary: Dismantled: A Scientific Deconstruction of the Theory of Evolution
The online premiere has ended, but you can order the DVD or Blu-ray here.
Also Available in:

Anak Rusa di antara Bunga-Bunga

Veledan, via CommonsFawn_in_Forest
Anak rusa di hutan mungkin terlihat lucu tetapi jangan tergoda untuk menyentuhnya. Akan ada banyak konsekuensi …

oleh 
penerjemah Darwin Pangaribuan

Jika seandainya anda harus bertemu secara kebetulan dengan hal kecil tapi merupakan suatu buntelan kehidupan yang luar biasa ini, seekor bayi rusa kecil yang berbaring melingkar di padang rumput, bertindaklah seperti Musa saat berhadapan dengan semak yang terbakar. Bukan berarti anda harus melepas sepatu anda, tetapi anda harus berhenti di jalur anda segera dan mengamati secara diam- diam dari kejauhan.

Segala tindakan untuk mendekati lebih jauh akan menjadi bahaya bagi si kecil ini, dan suatu sentuhan lembut yang berarti, sesungguhnya menjadi hukuman mati baginya!

Ini disebabkan aroma manusia, yang menempel pada kulit mudanya yang lembut, akan mengakibatkan sang induk menjauh dalam ketakutan. Tidak ada yang bisa membawanya kembali untuk menyusui bayinya, dan ia harus mati dalam kesengsaraan.

Banyak orang, ketika melihat seekor anak rusa yang masih muda berbaring di padang rumput dengan sendirinya, dengan keliru beranggapan bahwa ia telah ditinggalkan oleh induknya. Tahun demi tahun, banyak anak rusa mati sebagai akibat penanganan yang keliru.

Sebenarnya, induk rusa itu selalu berada di sekitar anaknya, Walaupun kelihatannya dia telah meninggalkannya. Dia dengan sengaja menjaga pada jarak tertentu, sehingga pemangsa mungkin tidak akan menyadari keberadaan bayi yang tak berdaya. Dia menyelipkannya ke dalam tempat persembunyian yang aman ini untuk tiga sampai lima hari pertama setelah kelahiran, sampai cukup umur untuk mengikutinya pada jarak yang cukup signifikan.

Mengapa padang rumput bunga liar di musim semi harus menjadi tempat persembunyian yang paling cocok untuk bayi rusa? Karena tidak ada tempat lain bagi tubuh mungil yang diam ini yang akan menjadi kurang mudah terlihat! Kulitnya yang berbintik-bintik putih menjadi ‘hilang secara optis’ ke dalam banyak bintik putih bunga yang tak terhitung jumlahnya di padang rumput; sebuah kamuflase yang hampir sempurna. Di tempat lain, misalnya di lembah hutan berdaun gelap, bintik-bintik putihnya akan membuatnya sangat terlihat.

Anda tidak akan pernah melihat induk rusa menyembunyikan bayinya di tempat yang salah — selalu ditempatkan dalam persembunyian yang tepat. Tidak diragukan lagi, bahwa perilaku bayi rusa juga sangat cocok untuk seluruh tujuan kamuflase. Ketika induk menjauh dari tempat persembunyian, bayi rusa tidak mengikutinya tetapi membenamkan diri ke rumput dan diam, seolah-olah dia tahu bahwa setiap gerakannya bisa menghianati kehadirannya.

Sesuatu yang paling menakjubkan dari semua adalah bahwa bahkan perkembangan rusa kecil ini sebelum ia lahir tampaknya sepenuhnya diarahkan pada perilaku ibu dan anak yang sangat bertujuan ini. Sel telur dalam tubuh rusa betina mungkin dibuahi pada puncak musim panas, namun demikian embrio muda, selama empat atau lima bulan, nyaris tidak terlihat bertumbuh sama sekali dengan cara pengamatan apapun. Namun, di tengah musim dingin embrio mulai tumbuh secara normal. Hanya melalui mekanisme penundaan yang luar biasa ini, bayi rusa lahir ke dunia pada waktu yang sangat tepat — pada bulan Mei / Juni — tepat ketika padang rumput sedang mekar penuh!

Semua pemrograman interaktif yang menakjubkan dan bertujuan ini tidak dapat dihasilkan dari ‘kemungkinan dan kebutuhan’ evolusi. Tentunya, ini berbicara tentang perencanaan dan desain yang kreatif — bagi mereka yang memiliki mata untuk melihat.

(Diterjemahkan dan diadaptasi dari bahasa Jerman oleh Carl Wieland)

Helpful Resources